Cara Membuat Localhost dengan XAMPP

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
   Oke kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat localhost menggunakan XAMPP, bagi kawan-kawan yang sudah lama bergelut didunia pemrograman web khususnya PHP dan MySQL, tentu sudah tidak asing lagi dengan software XAMPP ini. XAMPP berfungsi sebagai server offline atau sering disebut dengan localhost. XAMPP merupakan kompilasi dari beberapa program yaitu Apache, MySQL Database, PHP, dan juga Perl. Software XAMPP ini populer karena mudah digunakan (user friendly) sehingga cocok digunakan bagi pemula yang ingin bergelut di dunia PHP dan MySQL. Oke untuk cara pembuatan Localhost menggunakan XAMPP, silahkan simak baik-baik ya tutorial dibawah ini:

1. Pertama Download dulu XAMPP installer-nya disini.
2. Jika sudah, double click dan install seperti biasa file yang sudah didownload tadi.
3. Jika muncul tampilan seperti gambar dibawah, centang saja semuanya kemudian klik Next.

4. Pada menu Instalation Folder, kita pilih dimana kita ingin menyimpan file instalasi. Tempat ini juga merupakan tempat dimana nanti kita menyimpan file php kita, jadi biar mudah saya sarankan install saja di C:\XAMPP.

5. Saat proses instalasi berlangsung, tunggu sekitar 2-5 menit (tergantung kecepatan komputer kita).

6. Jika proses instalasi sudah selesai, langsung saja klik Finish.

7. Kemudian kita akan langsung dibawa ke XAMPP Control Panel, klik Start pada Apache dan MySQL sampai berwarna hijau (seperti gambar dibawah) untuk mulai menjalankan localhost.

8. Untuk memastikan apakah localhost sudah benar-benar berjalan, coba buka browser kemudian ketikan localhost dan enter. Jika muncul tampilan seperti gambar dibawah, berarti localhost sudah berjalan dan siap digunakan.

9. Selamat, sampai disini kita sudah berhasil membuat localhost di komputer kita. Untuk file php-nya kita bisa simpan di C:\XAMPP\htdocs (tergantung dimana tadi kita simpan file instalasinya).

Oke, sudah selesai. Mudah kan?
Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
First

2 komentar

Duh.. Sayangnya ane sudah pewe sama WAMP nih :D

Mau pake localhost apa aja boleh gan, yang penting kita nyaman biar belajar PHP-nya bisa khusyu :-bd Makasih buat kunjungannya gan.


EmoticonEmoticon