Mengenal Array Multi Dimensi di PHP

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
     Setelah beberapa waktu yang lalu SkripKu Dotkom pernah membahas Array Satu Dimensi, nah tutorial kali ini kita akan membahas kelanjutannya yaitu "Array Multi Dimensi". Jadi buat kawan-kawan yang tiba-tiba langsung nyasar kesini, dipersilahkan terlebih dahulu untuk membaca Mengenal Array di PHP.
Singkatnya sih array multi dimensi adalah "Array yang berisi Array" dan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi "Array didalam Array yang berisi Array (atau bahkan lebih banyak lagi)". Sebelum ke syntax, yuk kita cermati dulu contoh ilustrasi Array Multidimensi berikut:
Index ==> "nama_index1" "nama_index2" "nama_index_seterusnya"
Nilai ==>
Index ==> 0 1 2
Nilai ==> Nilai1 Nilai2 Nilai3
Index ==> 0 1 2
Nilai ==> Nilai1 Nilai2 Nilai3
Array Seterusnya..
     Array Multi Dimensi ini bisa berisi array numerik ataupun array asosiatif (Sudah dibahas di artikel Array Satu Dimensi), atau dicampur juga boleh seperti contoh yang saya sediakan dibawah. Array Multi Dimensi ini nantinya akan sangat sering kita gunakan terutama untuk pengambilan data dari database, hanya saja banyak yang enggak nyadar kalau dirinya sedang menggunakan Array Multi Dimensi (termasuk saya). Untuk pemanggilan nilanya, kita bisa memanggil $nama_variabel['index_nya']['index_nya']. Biar gak bingung yuk lihat contoh dibawah:
Pada contoh dibawah kita akan membuat variabel berisi daftar anak dari Pa Azis dan Pa Hilman.
     Pada contoh diatas, kita membuat variabel $daftar_anak dimana dimensi pertama berisi Array Asosiatif yang index-nya adalah "Azis" dan "Hilman". Nilai dari "Azis" berisi array numerik sehingga index-nya diberikan secara otomatis oleh sistem dimulai dari 0, sedangkan nilai dari "Hilman" berisi Array Asosiatif sehingga untuk index-nya ditentukan secara manual yaitu "sulung", "tengah", dan "bungsu" sehingga untuk menampilkan semua datanya kurang lebih sebagai berikut:
Maka hasilnya adalah sebagai berikut:
     Satu contoh lagi, pada contoh dibawah kita akan mengkonversi matriks berikut kedalam PHP menggunakan Array Multi Dimensi:
     Biar lebih mirip matriks sungguhan di pelajaran Em Te Ka disini semua Array akan menggunakan Array Numerik, kalau yang belum ngerti tentang matriks akan sedikit kebingungan mempelajari ini. Tapi tenang aja, ini hanya soal baris dan kolom yang sebenarnya tidak sulit, hanya saja agak membingungkan hehe. Script-nya kira-kira seperti ini:
     Abaikan saja atribut class="bla bla bla", itu hanya modifikasi saya aja hehe. Fokus aja ke script PHP-nya (tapi kalau keukeuh ingin tahu, anda bisa baca di Mengenal Selector Id dan Class di CSS ~ SkripKu). Pada contoh diatas penggunaan echo $matriks[0][0] berarti kita akan memanggil dan menampilkan nilai dari $matriks pada baris 1 kolom 1, dan echo $matriks[0][1] berarti kita memanggil dan menampilkan nilai dari $matriks baris 1 kolom 2. Jika semua berjalan lancar, maka script diatas akan menghasilkan output seperti ini:
Sampai disini sudah mengerti kan?
Jika ada yang kurang dimengerti atau masih rada bingung jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar dibawah ini..
Sepertinya sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini,
Mohon maaf jika banyak kekurangan atau ada kesalahan pengetikan,
Semoga bermanfaat,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

3 komentar

Kalau didalam array ada array lagi dan didalamnya ada array lagi, itu cara pemanggilannya bagaimana?

Sebelumnya terima kasih telah berkomentar di blog ini :)
Kalau kasusnya seperti itu kita bisa cukup menyebutkan kembali index selanjutnya. Contohnya seperti ini:
<?php
echo $matriks["index_arrayutama"]["index_subarray"]["index_subsubarray"];
?>

Semoga bisa dimengerti.. :)

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon