Mengenal Perulangan (Looping) di PHP Part 1: For dan Foreach

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
     Pada artikel kali ini SkripKu Dotkom akan membahas mengenai Looping/Perulangan di PHP. Sebelumnya apa sih Looping itu? Jadi Looping kurang lebih adalah "Struktur yang memungkinkan suatu kode program dijalankan beberapa kali dengan menggunakan suatu kondisi tertentu."
     Misalkan, kita disuruh untuk menampilkan "Saya Ganteng" sebanyak 25 kali di browser. Kita bisa saja mengetik echo "Saya Ganteng<br />"; kemudian kita copas sebanyak 25 kali. Ya itu bisa dilakukan jika kita hanya disuruh menampilkannya sebanyak 25 kali, tapi bagaimana jika misalkan kita disuruh menampilkannya sebanyak 1000 kali? Nah disinilah kita bisa menggunakan Looping. Dengan menggunakan Looping, untuk melakukan hal tersebut kita cukup mengetikan beberapa baris syntax dan menetukan seberapa kali statement tersebut akan dilakukan. Nah kira-kira seperti itu lah gambaran singkat tentang Looping, kalau masih kurang jelas silahkan cari referensi lain di Mbah Google hehe. Di PHP, ada 4 bentuk perulangan. Yaitu: for, foreach, while, dan do while. Tapi, pada artikel ini, kita akan terlebih dahulu membahas for dan foreach. Sedangkan yang sisanya Insya Allah akan kita bahas pada artikel lain. Oke biar gak boros teks, langsung saja kita ke pembahasan:
1. Perulangan For
     "The for loop is used when you know in advance how many times the script should run." (Sumber: W3Schools). Bentuk umum-nya seperti ini:

<?php
for (inisialisasi; kondisi; pengubah){
  //pernyataan yang akan diekseskusi;
  }
?>
Pengertian:
Inisialisasi: Digunakan sebagai bagian penentuan variabel yang akan digunakan untuk mengendalikan jumlah perulangan yang akan dilakukan.
Kondisi: Digunakan untuk mengontrol perulangan, jika kondisinya bernilai TRUE maka perulangan akan terus dilakukan, jika bernilai FALSE maka perulangan akan dihentikan.
Pengubah: Pengubah adalah operasi aritmatika yang digunakan untuk mengubah nilai variabel penentu. Biasanya saya menggunakan operator ++ (Ditambah 1) atau -- (Dikurangi 1).
Flowchart perulangan menggunakan for kurang lebih seperti ini:
Contoh, script dibawah kita akan menampilkan "Ini angka 1", "Ini angka 2", dan seterusnya sampai 10:

<?php
for ($angka=1; $angka <= 10 ; $angka++) { 
    echo "Ini angka " . $angka . "<br>";
}
?>
     Perhatikan script diatas, pertama kita mendeklarasikan variabel $angka=1 (inisialisasi), kemudian sistem akan mengecek apakah $angka kurang dari atau sama dengan 10 (kondisi) jika benilai True maka statement yang berada pada kurung kurawal akan diekseskusi jika tidak maka statement tidak akan dieksekusi, dan tiap statement dieksekusi maka nilai dari $angka akan ditambah 1 menggunakan operator ++ (pengubah). Sehingga jika script diatas dijalankan maka akan menghasilkan output seperti berikut:

Ini angka 1
Ini angka 2
Ini angka 3
Ini angka 4
Ini angka 5
Ini angka 6
Ini angka 7
Ini angka 8
Ini angka 9
Ini angka 10
     Sampai disini sudah ngerti kan? Kalau ada yang masih belum ngerti silahkan untuk bertanya di komentar atau silahkan untuk mencari referensi lain di Google. Bonus gan hehe:
Sumber gambar: Meme Comic Indonesia

2. Perulangan Foreach
     Perulangan Foreach ini digunakan untuk menyebutkan satu per satu nilai dari suatu array (Baca juga: Mengenal Array di PHP). Statement akan dijalankan sebanyak nilai yang ada pada array tersebut, jika misalkan ada 100 nilai maka looping akan berjalan sebanyak 100 kali. Syntax-nya seperti ini:

<?php
foreach ($array as $variabel) {
    // Statement yang akan dieksekusi;
    // Kita bisa menggunakan nilai dari $variabel disini
}
?>
     Disini semua nilai yang ada di $array akan dipindahkan ke $variabel (namanya enggak harus $array dan $variabel, bisa sekehendak kita dan sesuai kebutuhan). Biar gak bingung langsung saja kita ke contoh:
     Pada contoh dibawah pertama-tama kita punya array $sekolah yang isinya merupakan daftar sekolah saya dari mulai SD sampai SMK. Kemudian kita ingin menampilkan "Saya pernah sekolah di: *nama SD saya*", dan seterusnya sampai nama sekolah SMK saya:

<?php
$sekolah=array("sd"=>"MI Al-Khoeriyyah", 
               "smp"=>"SMPN 3 Cianjur", 
               "smk"=>"SMK Muhammadiyah Cianjur");
foreach ($sekolah as $data) {
    echo "Saya pernah sekolah di: " . $data . "<br>";
}
?>
Maka hasilnya adalah sebagai berikut:

Saya pernah sekolah di: MI Al-Khoeriyyah
Saya pernah sekolah di: SMPN 3 Cianjur
Saya pernah sekolah di: SMK Muhammadiyah Cianjur
     Saya rasa sampai disini sudah cukup jelas, kalau ada yang masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar.
Artikel selanjutnya kita akan membahas perulangan menggunakan while dan do while,
Semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

2 komentar

Nice post gan :-d yg bkin saya jadi ngerti dan faham tentang for yang gambar dari Meme Comic itu :ng

Hehe logika programmer harus gitu gan :D


EmoticonEmoticon