Tutorial SQL 1: Mengenal SQL dan Cara Menjalankan Perintah SQL

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
     Mulai sekarang dan kedepannya kita putus! akan mulai membahas tentang perintah-perintah SQL. Nah, sebelum mengenal lebih dalam perintah-perintah yang ada di SQL, enggak ada salahnya jika kita terlebih dahulu membahas apa itu SQL dan seberapa pentingkah kita tahu perintah SQL dalam dunia pemrograman. Walaupun sebetulnya saya orangnya bukan teoristis, tapi enggak apa-apa lah, biar keliatan agak profesional hehe.
     Jadi SQL merupakan singkatan dari "Structured Query Language" adalah bahasa standar untuk mengakses dan memanipulasi database. Dengan kita mengetahui perintah-perintah SQL, maka kita bisa dengan bebas untuk membuat database, memasukan data kedalam database, mengupdate data dalam database, menghapus data dalam database, dan masih banyak lagi. Dengan kita mengetahui perintah SQL, kita akan bisa mengakses DBMS (DataBase Management System/ Manajemen Basis Data) modern seperti: MySQL, SQL Server, dll. Tapi yang akan digunakan dalam tutorial di blog ini adalah MySQL karena memang itu yang sekarang banyak digunakan. Terus seberapa pentingkah perintah SQL dalam dunia pemrograman? Jawabannya SANGAT PENTING, kenapa? Karena kita akan banyak membuat program/aplikasi yang datanya disimpan di database. Contoh, jika kita membuka sebuah blog dan membaca sebuah artikel, nah sebetulnya artikel tersebut disimpan di database. Walaupun pada faktanya tidak selalu menggunakan SQL, tapi kita bisa melakukan hal tersebut menggunakan perintah SQL. Pada artikel-artikel selanjutnya (entah kapan), kita akan coba memadukan antara perintah SQL dan PHP. Udah ah intro-nya segini aja, soalnya saya juga udah bingung nih.
     Untuk mulai mempelajari perintah-perintah SQL, disini kita menggunakan aplikasi XAMPP. Jadi jika komputer temen-temen belum terinstall XAMPP, silahkan install terlebih dahulu dengan membaca artikel ini: Cara Membuat Localhost dengan XAMPP.
     Untuk mencoba perintah SQL, ada 2 cara yang pertama lewat CMD dan yang kedua lewat phpMyAdmin. Disini kita hanya akan membahas yang lewat phpMyAdmin, tapi jika temen-temen ingin tahu yang lewat CMD, silahkan cari-cari aja di Mbah Google. Oke langsung aja, berikut tutorialnya:

1. Pertama buka XAMPP Control Panel.
2. Kemudian klik Start pada Apache dan MySQL sampai ada tulisan Running pada keduanya.
3. Kemudian buka browser dan buka localhost/phpmyadmin, dan kita akan dibawa ke interface phpMyAdmin.
4. Lihat pada bagian atas, klik tombol SQL. Versi yang saya gunakan adalah versi dulu, jadi jika yang dipake temen-temen adalah versi terbaru mungkin akan agak berbeda. Tapi fungsinya sama ko, cuman desainnya aja yang agak berbeda.
5. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah:
6. Di textarea itu lah kita akan menuliskan perintah-perintah SQL-nya. Sebagai contoh coba ketikan SHOW DATABASES; kemudian klik GO maka phpMyAdmin akan menampilkan database yang ada di MySQL kita. Di PC saya sendiri, yang muncul adalah seperti gambar dibawah:
Informasi:
SHOW DATABASES; adalah perintah SQL untuk menampilkan database yang ada di MySQL kita.
Sekian artikel kali ini,
Jika ada pertanyaan langsung saja layangkan di kolom komentar dibawah,
Mohon maaf jika ada kekurangan,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


EmoticonEmoticon