Tutorial SQL 3: Membuat Tabel

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
     Setelah beberapa artikel sebelumnya SkripKu Dotkom pernah membahas perintah SQL untuk Membuat Database, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tabel dengan perintah SQL. Oke, sedikit intro aja dulu. Jadi, didalam database itu berisi banyak tabel. Kalau diibaratkan database itu sebuah lemari dan tabel itu adalah laci. Contohnya misalkan disebuah sekolah terdapat lemari, isinya itu ada laci data siswa, ada laci data guru, dll. Begitupun didalam database, kalau misalkan kita punya sebuah database bernama smk_muhammadiyah maka idealnya didalamnya itu ada tabel_siswa, tabel_guru, tabel_jadwal_pelajaran, tabel_inventaris_sekolah, dll. Yaa kurang lebih seperti itu lah, kalau misalkan masih belum jelas, silahkan nyari-nyari referensi lain di Mbah Google.
     Oke langsung aja, perintah SQL untuk membuat tabel adalah sebagai berikut:

CREATE TABLE namatabel
(
namafield1 tipedata(lebardata),
namafield2 tipedata(lebardata),
namafield3 tipedata(lebardata),
namafield4 tipedata(lebardata),
namafield5 tipedata(lebardata),
namafield-n tipedata(lebardata)
);
  • Field: Nama lain dari kolom. Jika misalkan kita membuat tabel_siswa, maka fieldnya kurang lebih adalah nis, nama, alamat, jenis_kelamin, dll.
  • Tipe Data: Adalah jenis datanya (misal: integer untuk menyimpan bilangan real, varchar untuk menyimpan teks, date untuk menyimpan tanggal, dll.), untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini.
  • Lebar Data: Adalah jumlah maksimum karakter yang bisa ditampung.

Contoh Pembuatan Tabel

     Sebelum mencoba perintah dibawah, pastikan sebelumnya anda sudah membuat database terlebih dahulu. Jika belum, silahkan ikuti tutorialnya disini. Pada contoh dibawah kita akan mencoba membuat tabel siswa dengan field nis, nama, jurusan, dan jenis_kelamin. Silahkan perhatikan, amati dan coba contoh dibawah karena ini akan digunakan untuk praktek di tutorial selanjutnya.

CREATE TABLE siswa
(
nis INT(6),
nama VARCHAR(50),
jurusan VARCHAR(5),
jenis_kelamin VARCHAR(1)
);
Jika perintah diatas berhasil dijalankan di phpMyAdmin, maka nama tabel akan langsung muncul disebelah kiri. Di PC saya, hasilnya adalah seperti ini:

Oke sekian tutorial kali ini, jika ada pertanyaan silahkan layangkan di kolom komentar.
Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


EmoticonEmoticon