Apa Itu Composer dan Cara Install Composer di Windows

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
     Pernahkah temen-temen mengerjakan suatu project yang membutuhkan third party libraries? Jika belum, anggap saja sudah. Sebut saja kita mau pake Library A, kalau kita pake cara yang biasa mungkin hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka situs web resmi-nya kemudian cari tombol 'Download' kemudian download dan ekstrak library tersebut. Oke sederhana memang, tapi coba bayangkan jika Library A tersebut ternyata membutuhkan Library Z, belum lagi kita harus menyesuaikan apakah versi Library Z yang mau didownload kompatibel dengan versi Library A tadi? Sampai disini udah lumayan ribet kan, belum lagi jika ada versi terbaru dari Library A dan Library Z tadi, maka kita harus download lagi satu persatu, kemudian pasang lagi satu per satu. Cukup ngerepotin kan?

Perkenalkan "Composer", Dependency Manager for PHP

     Jika temen-temen pernah punya masalah seperti diatas, maka beruntunglah sekarang (sebetulnya udah lama banget sih) ada software yang namanya "Composer". Dengan menggunakan Composer, jika kita ingin menginstall Library A tadi, maka kita cukup buka CLI kemudian masuk ke direktori tempat kita ingin meng-installnya dan ketikan beberapa perintah dan nama library-nya maka Composer akan otomatis meng-install Library A beserta library-library lain yang dibutuhkan dan sudah pasti kompatibel. Bagaimana jika beberapa bulan kemudian Library A mengeluarkan versi terbaru dan kita ingin meupdate Library A tadi? Tenang, di Composer juga ada perintah untuk meng-update. Jadi semua Library A dan library-library yang dibutuhkan tadi akan otomatis ikut terupdate. Keren kan?
     Untuk bisa menggunakan Composer ini, pastikan versi PHP yang kita pakai adalah PHP 5.3.2 atau yang lebih tinggi. Oke mungkin segini udah cukup perkenalannya, kalau masih kurang jelas temen-temen bisa main ke situs resminya di https://getcomposer.org/.

Cara Install Composer di Windows

     Sebelumnya karena Composer ini adalah Dependency Manager for PHP, jadi pastikan di PC kita sudah terinstall PHP. Disini saya pake XAMPP yang kebetulan didalamnya udah termasuk PHP. Jadi jika di komputer temen-temen belum terinstall XAMPP, silahkan baca tutorialnya disini.
1. Buka situs resminya, https://getcomposer.org/. Kemudian silahkan cari tombol 'Download' dan buka halaman tersebut.
2. Silahkan download Windows Installer dengan klik link Composer-Setup.exe.
3. Silahkan download seperti biasa, ukurannya juga kecil ko < 1 MB.
4. Setelah proses downloadnya selesai, silahkan buka file tersebut.
5. Silahkan ikuti langkah-langkah sesuai prosedur. Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah, kita cari file php.exe, kalau saya sendiri letaknya di D:\xampp\php\php.exe soalnya saya sering nyimpen file XAMPP saya di partisi D. Silahkan sesuaikan dengan tempat temen-temen menyimpan file XAMPP temen-temen, tapi biasanya Composer akan otomatis mendeteksi dimana letak file php.exe kita. Jika sudah, silahkan klik Next.
6. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul tampilan Proxy Settings, jika temen-temen pake proxy silahkan isi, jika tidak langsung aja klik Next. Pada tampilan selanjutnya silahkan klik Install dan ikuti prosedur selanjutnya sampai proses instalasi selesai.
7.  Selanjutnya untuk mengetes apakah proses instalasi berhasil atau tidak, silahkan buka Command Prompt kemudian masukan perintah composer kemudian enter.
8. Jika muncul tampilan seperti diatas, selamat berarti Composer berhasil di-install di komputer kita dan sekarang sudah siap tempur.

Oke sekian tutorial pengenalan dan cara instalasi Composer ini. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas bagaimana cara mendownload Library/ Package menggunakan Composer ini.
Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf bila ada kekurangan.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


EmoticonEmoticon