Pengertian Variabel dan Konstanta di PHP

     Sesuai judul diatas kali ini SkripKu Dotkom akan membahas mengenai Variabel dan Konstanta. Nah sebelum kita berbicara lebih jauh tentang kedua makhluk tersebut, kita harus tahu dulu apa sih Variabel dan Konstanta itu? Sebetulnya kedua-duanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menampung sebuah nilai/data. Perbedaannya adalah kalau Variabel sifatnya dinamis (bisa diubah-ubah), sedangkan Konstanta bersifat statis (nilainya tetap). Pengertian Konstanta kurang lebih sama kaya yang di Pelajaran Matematika, yaitu nilai yang bersifat tetap. Jika kita belajar bahasa pemrograman lain pun saya jamin temen-temen pasti menemukan kedua makhluk ini, secara teori pasti sama cuman dalam teknisnya aja yang agak berbeda. Karena kebetulan judulnya PHP, jadi kita akan bahas syntax-nya di PHP kaya gimana. Oke biar lebih jelas, kita bahas aja satu-satu:

1. Variabel

     Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Variabel berfungsi untuk menampung sebuah nilai/data. Jadi kalau kita simpulkan Variabel itu adalah "Suatu wadah dimana kita bisa menyimpan nilai didalamnya dan bersifat dinamis (isinya bisa berubah-ubah)". Untuk mendeklarasikan (membuat) variabel di PHP, kita harus mengawalinya dengan tanda dollar ($) kemudian diikuti nama variabelnya, kita juga bisa mengisi nilainya langsung. Contoh:
Ketika kita jalankan script diatas, maka variabel $nama akan menyimpan nilai berupa teks yaitu Azis Hapidin, dan $nilai_ipa akan menyimpan nilai 82, dan $nilai_mtk akan menyimpan nilai 73. Jika kita jalankan script diatas, maka tidak akan muncul apa-apa karena pada script diatas kita hanya membuat dan mengisi nilai pada variabel. Bagaimana cara mengubah nilai dari suatu variabel? Kita cukup mengisinya kembali saja. Pada contoh dibawah kita akan membuat sebuah variabel dan mengisinya dengan suatu nilai, kemudian kita ubah nilainya, dan kita tampilkan nilai dari variabel tersebut:
Jika script diatas kita jalankan akan muncul kalimat "Azis Hapidin", mengapa demikian? Silahkan telusuri sendiri :D Ya kurang lebih seperti itu pembahasan singkat tentang Variabel, sebetulnya masih banyak yang harus kita pelajari lagi terkait variabel ini, tapi enggak akan dibahas di artikel ini soalnya: Saya males ngetiknya, temen-temen pasti males bacanya. Jadi Insya Allah akan kita bahas lain kali lagi. Terutama tentang tipe data, tapi karena kita membahas penggunaan Variabel di PHP maka kita tidak akan terlalu dipusingkan dengan tipe data ini. Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang agak ketat dalam urusan tipe data ini. Kemudian terkait variabel scope dan peraturan nama variabel juga belum dibahas disini, kalau temen-temen pengen tahu silahkan cari referensi lain di Mbah Google. Ada banyak sekali modul-modul terkait variabel di PHP ini.
Baca juga:

 

2. Konstanta

     Oke, seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa fungsi dari variabel dan konstanta itu sama yaitu untuk 'menyimpan/menampung nilai'. Perbedaannya adalah konstanta ini bersifat statis, artinya nilai-nya tidak bisa diubah-ubah. Kalau udah diisi 'A' ya udah 'A', tidak bisa diganggu gugat lagi. Karena sifatnya yang statis, maka konstanta ini banyak digunakan untuk menyimpan konfigurasi seperti konfigurasi database, dan konfigurasi lainnya. Untuk mendeklarasikannya yang saya tahu ada 2 cara yaitu dengan fungsi define() dan dengan menggunakan kata kunci const, tapi disini kita akan membahas cara pendeklarasian dengan fungsi define(). Syntax-nya seperti ini:
Penjelasan parameternya:
  • namanyah: Nama konstanta atau identifier untuk konstanta yang kita deklarasikan.
  • nilainyah: Nilai dari konstanta yang kita deklarasikan.
Pada contoh dibawah kita akan membuat dan menampilkan nilai dari suatu konstanta:
Maka akan menampilkan 'Assalamualaikum' (tanpa tanda kutip). Sampai disini sudah ada bayangan kan tentang konstanta ini? Sekarang kita coba lagi script dibawah:
Jika kita jalankan script diatas, maka hasilnya adalah seperti ini:
Mengapa demikian? Yaps, malaikat juga tahu kalau konstanta tidak bisa didefinisikan lebih dari 1 kali dan nilainya tidak bisa diubah-ubah.


Sekian artikel singkat kali ini. Masih banyak yang belum kita bahas disini terkait variabel dan kontanta, silahkan baca-baca lagi di tempat lain. Mohon maaf bila masih ada kekurangan, terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


EmoticonEmoticon