Cara Membuat Database MySQL di cPanel

    
      Salah satu hal penting dalam pembuatan aplikasi adalah Database, termasuk aplikasi berbasis web. Ketika dalam mode pengembangan biasanya kita masih menyimpan file-file dan database aplikasi kita dalam komputer atau masih bersifat lokal. Dan ketika aplikasi web kita mau go-online atau di-upload ke web hosting, maka kita pun harus meng-upload database-nya juga. Dan pada artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana step-by-step bagamana cara membuat sebuah database di cPanel. Sebelum membaca langkah-langkah dibawah, saya asumsikan sebelumnya Anda sudah punya Web Hosting yang menggunakan cPanel dan mendukung Database MySQL. Oke langsung saja simak dan praktekan langkah-langkah dibawah:

1. Silahkan masuk dan login ke cPanel.
2. Setelah masuk, dibagian DATABASES silahkan pilih MySQL® Database Wizard.
3. Kemudian kita akan dibawa ke Wizard Pembuatan Database. Pertama kita akan disuruh memasukan nama database yang akan kita buat, disini saya membuat database dengan nama 'u9921425_skripku'. Klik Next Step untuk masuk ke tahap selanjutnya.
 4. Jika sudah, sekarang saatnya kita membuat user untuk database kita. Silahkan masukan username dan password untuk database yang kita buat tadi. Awas, jangan sampai lupa!
5. Jika sudah, langsung saja klik Create User.
6. Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah, tinggal centang saja ALL PRIVILEGES. Dibagian bawah silahkan klik Next Step.
7. Selamat. Jika tidak ada masalah sampai sini berarti kita sudah berhasil membuat database MySQL melalui cPanel.


Oke sekian tutorial cara membuat database MySQL di cPanel ini. Mohon maaf bila ada kekurangan, terima kasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


EmoticonEmoticon