Membuat Konfirmasi Hapus Data dengan JavaScript


     Dalam pembuatan sebuah aplikasi, maka kita mengenal istilah CRUD yaitu singkatan dari Create, Read, Update and Delete. Biasanya minimal terdapat 4 fitur tersebut, salah satu yang akan kita bahas adalah dalam fitur Delete. Tentu dalam sebuah aplikasi harus ada fitur untuk menghapus data, jika tidak bisa-bisa data yang terdapat di database kita numpuk. Kecual jika kita ingin terus menyimpannya sebagai arsip atau bahan analisa di masa depan. Ketika user menekan tombol 'hapus' biasanya ada peringatan/konfirmasi terlebih dahulu, hal ini berfungsi untuk mengantisipasi jika ternyata user tidak sengaja meng-klik tombol hapus yang ada di aplikasi kita.
     Oke langsung saja kita ke pembahasan, karena kita akan berinteraksi dengan browser maka kita harus menggunakan JavaScript. Kita cukup memanggil fungsi dibawah:
Ketika kita memanggil fungsi diatas, maka dilayar user akan muncul kotak konfirmasi beserta tombol Yes dan No. Jika tombol Yes yang dipilih, maka akan mengembalikan nilai TRUE dan akan mengembalikan nilai FALSE jika sebaliknya. Cara penggunaanya bisa kita masukan di button ataupun di hyperlink biasa, caranya kita cukup masukan kedalam event onclick="" di tag kita. Berikut contoh cara penggunaannya: Oke sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sumber gambar: http://opensourceforu.com/2017/02/javascript-apps-self-protecting-resilient-against-code-tampering/


EmoticonEmoticon